Pro dan Kontra Xiaomi 11T Pro

Pro dan Kontra Xiaomi 11T Pro – Xiaomi terus merilis smartphone baru di tahun 2021. Kini giliran Xiaomi 11T Pro yang telah resmi dirilis dengan menawarkan berbagai teknologi canggih. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro Apa yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Xiaomi 11T Pro merupakan penerus dari Mi 10T Pro yang dinilai sukses. Spesifikasi smartphone ini juga lebih baik dengan menyediakan chipset kelas flagship dan kamera beresolusi tinggi. Layarnya juga berkualitas tinggi, ditambah dengan kemampuan pengisian daya yang sangat cepat.

Spesifikasi yang dimiliki Xiaomi 11T Pro mampu bersaing dengan ponsel flagship yang memiliki harga lebih mahal. Bisa dibilang Xiaomi tidak tanggung-tanggung dalam mendesain smartphone terbarunya saat ini.

Bukan Xiaomi namanya kalau tidak bisa mendesain smartphone spek tinggi dengan harga terjangkau. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membelinya, silahkan simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro yang kami berikan berikut ini.

Pro dan Kontra Xiaomi 11T Pro

Pro dan Kontra Xiaomi 11T Pro

Memiliki harga yang lebih tinggi dari M1 11 biasa, Anda pasti dapat menemukan banyak keunggulan dalam versi Pro. Penasaran? Simak beberapa kekuatan berikut ini.

Seri Mi 11 merupakan smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 888 dari Qualcomm. Chipset yang satu ini memberikan inovasi unggulan dari segala sektor baik itu untuk gaming, fotografi, AI, konektivitas, atau lainnya. Smapdragon 888 menganut konfigurasi CPU octa-core yang di dalamnya terdapat 1 inti Kyro 680 Prime dengan clock speed hingga 2,84 GHz.

Kemudian pada bagian pengolah grafis menggunakan Adreno 660 yang memiliki frekuensi hingga 840 MHz. Angka tersebut sangat tinggi dibandingkan Adreno yang muncul pada Smapdragon 865 Plus dan 870 [670 MHz].

Bagaimana dengan game? Menurut Gizmochina yang telah menguji smartphone versi China ini, perangkat tersebut bisa stabil di 89,65 FPS saat memainkan PUBG Mobile. Sedangkan versi loket global ada di 60 FPS.

Game lain seperti Genshin Impact juga menawarkan FPS tinggi yaitu 52,15 FPS. Seperti yang diketahui Genshin Impact merupakan game bergenre Open World dengan grafis yang sangat tinggi, sehingga frame rate-nya sangat baik untuk memberikan pengalaman bermain yang baik.

  • Kualitas layar lebih unggul dari semua sisi

Xiaomi Mi 11 Pro tidak menunjukkan banyak perbedaan di layarnya dibandingkan dengan yang biasa, dengan menyediakan 6,81 inci pada resolusi 2K WQHD+ yaitu 1440 c 3000 piksel.

Layarnya sudah menggunakan AMOLED, karena smartphone ini memang mampu mendapatkan kecerahan puncak 1500 nits dan mendukung tampilan spektrum 1 miliar warna.

Belum lagi dukungan 2 macam format streaming HDR, yakni HDR10+ dan Dolby Vision. Layar Xiaomi Mi 11 Pro juga memiliki aspek rasio 20:9 dan juga memberikan pilihan refresh rate yang tinggi, yakni 120 Hz. Jadi ketika Anda sering berpindah aplikasi atau sekadar scrolling aplikasi Instagram misalnya, layar akan terlihat 2x lebih mulus dibandingkan 60 Hz konvensional.

  • Satu Smartphone dengan Kamera Terbaik Dunia

Salah satu keunggulan smartphone ini terletak pada kameranya dengan kamera utama 108 Megapiksel yang mampu menangkap gambar dan video standar flagship. Karena ini memiliki sensor yang besar sehingga akan lebih maksimal saat mengambil gambar low light.

Sensor yang digunakan memiliki ukuran 2,1 µm 9-in-1 Super Pixel, ditambah dengan Dual Native ISO yang memberikan kualitas gambar dan video super tinggi. Lalu, ada pula kamera Ultrawide dengan 8 Megapiksel dan Makro Telefoto 5 Megapiksel.

Menariknya, smartphone ini mampu merekam video hingga resolusi 8K dengan 30 FPS. Lalu kamera depannya beresolusi 16 Megapiksel yang bisa digunakan sebagai senjata perang untuk selfie, video call, atau zoom.

Dengan teknologi tersebut, Xiaomi Mi 11 Pro mampu mengisi baterai berkapasitas 5.000 mAH dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 17 menit.

Kekurangan Xiaomi Mi 11T Pro

Pro dan Kontra Xiaomi 11T Pro

Terlepas dari segala kelebihan yang bisa Anda temukan pada Xiaomi Mi 11T Pro, smartphone ini tetap memiliki sejumlah kekurangan yang menjadi deal breaker bagi Anda. Oleh karena itu kami memberikan informasi mengenai kekurangan dari smartphone yang satu ini.

  • Sidik Jari ada di Samping, Bukan Di Dalam Layar

Mengingat ini adalah smartphone dengan layar AMOLED, wajar jika konsumen berharap akan ada sensor sidik jari di layarnya. Karena sensor di layar memberikan kesan eksklusif yang tidak dimiliki oleh smartphone dengan panel IPS LCD.

  • Daya Tahan Daya Baterai Kurang Kompetitif

Xiaomi 11T Pro dapat dilengkapi dengan kemampuan pengisian cepat yang tidak dapat dikalahkan oleh pesaing mana pun. Namun, ternyata daya tahan baterai smartphone ini tak lagi awet dibanding sejumlah kompetitor. Diketahui Xiaomi Mi 11T Pro dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAH yang terbagi menjadi 2 sel berukuran 2.500 mAH.

Smartphone ini diketahui memiliki rating daya tahan 92 jam seperti dilansir GSM Arena. Rinciannya sendiri memiliki durasi ponsel 22 jam 32 menit, browsing selama 12 jam 47 menit, dan memutar konten video selama 14 jam 26 menit.

Peringkat ketahanannya ternyata masih kalah besar dibanding realme GT Master Explorer yang memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh atau Xiaomi Mi 11i dengan kapasitas baterai 4.520 mAh.

Memang daya tahan baterai Xiaomi Mi 11t Pro terbilang cukup awet jika dilihat dari nominalnya, namun tetap bukan yang paling awet di antara smartphone flagship lainnya.

  • Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro, Lensa Telefoto dan OIS Tidak Ada

Lensa telefoto dikatakan sangat penting dalam persaingan smartphone kelas atas. Alih-alih menyediakan lensa tele, produsen justru menyediakan lensa makro tele yang fungsinya untuk memotret berbagai objek kecil.

Keberadaan lensa telefoto makro bukanlah hal yang wajar untuk sebuah smartphone kelas flagship. Sebab, kamera dengan lensa makro banyak dijumpai di smartphone dengan harga hanya untuk menambah kamera di bagian belakang.

Jika lensa macro telephoto ini dilepas dan diganti dengan tele biasa, maka Xiaomi Mi 11T Pro akan memiliki ‘faktor wow’ ekstra karena mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik meskipun subjek gambarnya cukup jauh dari jangkauan Anda.

Tanpa lensa ini, Xiaomi 11T Pro hanya bisa digunakan untuk digital zoom hingga 10x. Zoom digital bekerja dengan melakukan cropping pada area tertentu dan memperbesar foto atau biasa disebut upscaling. Plus, tidak ada layanan OIS yang tersedia [Optical Image Stabilizer] yang membantu Anda untuk dapat merekam atau mengambil gambar sambil berjalan tanpa harus membuat hasil buram akibat tangan yang tidak stabil.

Itu semua ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro Apa yang perlu Anda ketahui. Kesimpulannya, jika Anda mencari smartphone flagship dengan fast charging dan layar dengan kualitas terbaik dunia, Xiaomi 11T Pro adalah pilihan yang paling tepat. Untuk harga, smartphone ini dibanderol sekitar Rp 10,9 jutaan [RAM 8GB dan memori internal 128GB].

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Ped 5 Terbaru