12 jenis penyaring kopi dengan “selera bawaan” yang berbeda. Pecinta kopi harus Khatam

Selain diblender dengan mesin, kopi juga bisa diracik dengan tangan menggunakan teknik khusus. pembuatan bir manual. Untuk menyeduh kopi dengan tangan, Anda memerlukan filter khusus yang menyaring kekeruhan. Filter kopi ternyata tidak semudah yang anda pikirkan, selain kegunaan yang berbeda, alat ini juga akan mempengaruhi tampilan dan cita rasa kopi yang anda racik nantinya.

Berikutnya Kiat Hippie berbagi informasi tentang jenis saringan kopi lengkap dengan perbedaan “rasa bawaan” yang dihasilkannya. Anda yang sangat menyukai racikan kopi handmade, ayo berkunjung!

1. Filter V60 adalah kertas khusus dengan perangkat filter berbentuk kerucut.

Hario V60 melalui www.insightcoffee.com

kopi seduh V60 rasa tidak akan banyak berubah, cenderung stabil dan seimbang dengan rasa kopi aslinya, tidak asam maupun pahit. Filter ini menambah rasa rumput pada seduhan pertama, lalu segar, ringan dan bersih pada seduhan berikutnya. Anda hanya perlu beberapa menit sampai semuanya kopi yang disaring ideal.

2. Filter Vietnam ini sangat terkenal di Indonesia karena mudah digunakan.

Tetes Vietnam melalui www.insightcoffee.com

Jenis filter bernama tetes Vietnam Ini terdiri dari filter logam yang ditempatkan di atas cangkir khusus yang disebut penetes Vietnam dari cangkir logam. Uniknya, dripper asal Vietnam ini juga diciptakan membuat kopi dibuat khusus dengan menuangkan susu kental manis sebelum diseduh saringan kopi. Rasanya manis dan teksturnya kental.

Nah coba pilih penyaring kopi besi tahan karat Ya, itu bertahan lebih lama dan tidak berkarat.

3. Filter Chemex bentuk klasik Amerika juga menambah rasa netral pada kopi.

chemex melalui blog.lacolombe.com

Alat seduh Chemex Itu terbuat dari kaca seperti jam pasir dengan pegangan kayu di tengahnya, dan bagian atasnya yang berbentuk corong ditutup dengan kertas saring. Chemeks Baik penitis kopi yang sering digunakan untuk membuat es kopi dengan menambahkan es batu ke dalamnya. Kopi yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat, aroma yang kental dan rasa yang cenderung lebih asam.

4. Ada juga filter melitta yang diputihkan oksigen yang terbuat dari kertas,memutihkantapi masih aman untuk menyeduh kopi

kertas saring putih melalui www.amazon.co.uk

Filter ini memberikan bau kertas bawaan. Kopi yang dihasilkan sedikit lebih berat dengan tekstur lebih full. rasa kopi itu tidak akan bercampur dengan rasa kertas juga kertas saring Itu tidak dicuci sebelum digunakan.

5. Seperti pada poin nomor 4, disini tidak ada filter melitta. memutihkannama melitta tidak dikelantang alami

kertas saring coklat melalui www.perfectdailygrind.com

Karena tidak melalui proses bleaching, kertas ini berwarna coklat. Filter kopi yang ini memberikan sedikit rasa kayu pada bilasan pertama dan kedua. Ini juga memberikan rasa kering yang berbeda di mulut Anda saat Anda menelannya.

6. Meski tanpa kertas saring, French press yang mirip ketel ini masih banyak digunakan untuk menyeduh kopi.

Pers Prancis melalui www.seriouseats.com

pers Prancis termasuk jenis saringan kopi yang sederhana karena tidak menggunakan filter kertas tetapi menggunakan piston pada tutupnya terdapat wire mesh tipis menyerupai filter untuk proses penyaringan. rasa kopi hasilnya akan lebih kaya, lebih lembut dan lebih sedikit berlemak, baunya juga lebih kuat.

7. Jika aeropress mengkhususkan diri pada filter untuk membuat kopi yang rasanya seperti espresso.

aeropress melalui Districtroasters.com

Aeropress jadi minuman yang sempurna untuk kopi cepat yang sekuat espresso. Di samping itu, aeropress juga mudah dibersihkan. Hanya, aeropress hal ini kurang cocok jika ingin membuat kopi dalam jumlah banyak.

8. Anda juga bisa menjadikan bahan kain pada saringan kaus kaki menjadi kain seduh kopi.

filter kain kaus kaki melalui www.youtube.com

Filter kain yang satu ini memberikan rasa kopi yang kuat, cuma baunya seperti kain wol basah, mungkin dari kainnya. Terlepas dari itu, masih ada yang senang menggunakan filter kain jenis ini.

9. Kerucut yang mampu juga terbuat dari corong filter besi tahan karat yang memiliki lubang kecil di bagian bawah

kuda bisa melalui www.youtube.com

Kerucut yang Mampu biasanya ditempatkan di dalam Chemex. Filter kertas Chemex akan memberikan hasil yang lebih bersih, sedangkan Able Kone akan memberikan rasa yang lebih kental, kuat, sedikit berminyak dan rasa yang agak mirip dengan kopi yang diseduh dengan French press.

10. Sementara itu, piringan yang mampu adalah pelat berlubang, yang juga terbuat dari besi tahan karat dan dapat digunakan kembali

berkendara melalui www.vancouverbarista.com

Disk yang mampu yang memiliki 2 tipe yaitu standard dan smooth yang biasanya digunakan bersamaan aeropress. Seperti Mampu Kerucut berkendara yang mumpuni juga menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih kental, lebih kuat, lebih bermentega, dan lebih bertekstur. Untuk hasil yang lebih bersih dan jernih, Anda bisa menggunakan filter kertas.

11. Terakhir ada filter tipe siphon yang terbilang unik dan agak sulit digunakan karena terdiri dari banyak komponen.

menyedot melalui bluetokaicoffee.com

Penggunaan siphon ini membutuhkan keahlian khusus dalam pengerjaan komponen-komponennya yang terdiri dari teko kopi, tempat kopi, wadah air, kotak api berisi alkohol, dan penutup kompor. Penggunaannya tergantung pada tekanan uap yang dihasilkan setetes kopi, dibutuhkan sekitar 30 menit. Oleh karena itu, alat ini jarang digunakan karena kompleks.

Mana yang lebih baik, itu semua tergantung selera masing-masing. jika kamu mau sajian kopi yang lebih mudah dan tidak merepotkan ampas kopi, gunakan filter kain. Jika ingin kopi yang lebih ringan, gunakan kertas saring. Namun jika ingin kopi yang lebih kental dan kaya rasa, gunakan filter metal.

Pengecualiannya adalah jika Anda juga mempertimbangkan lingkungan, maka filter kain dan logam adalah yang terbaik karena dapat digunakan kembali.