9 trik memilih sofa di ruang tamu untuk rumah sempit. Bentuk sofa pastel yang memanjang adalah kuncinya

Sebagai furniture yang digunakan untuk menjamu tamu, tentunya penting untuk memilih armchair atau sofa yang nyaman digunakan. Namun, keberadaan sofa di ruang tamu terkadang dianggap mempersempit ruangan dan membuatnya sempit. Apalagi di ruang tamu yang kecil. Meski memilih ukuran dan ukuran sofa yang pas tidak akan membuat ruang tamu yang kecil terasa penuh. Pemilihan sofa tidak bisa sembarangan. Selain sebagai tempat duduk, sofa juga bisa digunakan untuk mendekorasi ruangan mengingat bentuk dan desainnya yang beragam.

Sebenarnya ruang tamu kecil bisa dilakukan dengan konsep duduk di lantai yang terlihat cukup luas, namun nyatanya sering dianggap kurang sopan dan bisa menjadi masalah bagi Anda saat membersihkan karpet atau permadani tempat duduk setelahnya. . Untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya menggunakan sofa minimalis untuk ruang tamu yang kecil. Simak tips sederhana memilih sofa ruang tamu minimalis untuk rumah mungil Anda berikut ini.

1. Ukur ruang tamu Anda dengan cermat agar lebih mudah menentukan ukuran sofa yang sesuai.

ukuran ruang tamu via www.casaindonesia.com

Selain melakukan pengukuran cepat dengan melihat kotak plafon dan ubin lantai, ukur juga ruang tamu dengan meteran. Tidak hanya memperhitungkan penempatan sofa, tetapi juga memperhitungkan elemen dekoratif lainnya. Agaknya, ukuran sofa untuk ruang tamu kecil tidak lebih dari 30 persen luas ruangan. Apalagi jika ruang tamu dibuat dengan sekat dan dipadukan dengan ruang tamu. Tapi, meski ukuran sofa tidak akan sebesar itu, Anda tetap bisa menggunakan sofa ruang tamu modern dengan desain modern untuk dekorasi.

2. Pilih sofa dengan warna pastel atau netral agar lebih mudah dipadankan dengan perabot ruang tamu lainnya.

warna netral atau pastel via nl.pinterest.com

Ternyata selain warna cat pada dinding, warna sofa juga mempengaruhi gap pada ruang tamu. Pilih sofa dengan warna pastel atau netral seperti putih, krem ‚Äč‚Äčatau abu-abu untuk memberikan kesan ruang tamu yang luas dan hangat. Jika sulit menentukan warna sofa yang cocok untuk Anda, periksa kembali cat dinding ruang tamu Anda dan pilih sofa ruang tamu minimalis dengan warna berbeda yang tidak terkesan monoton.

3. Sofa bermotif bisa dibuat titik fokus utama di ruang tamu, jadi tidak perlu memikirkan dekorasi lain lagi

gunakan sofa bermotif melalui www.ikea.co.id

Dengan memilih sofa berpola maka ruang tamu akan terlihat lebih luas, karena memiliki dekorasi lain yang minim. Pilih sofa dengan motif yang ringan dan letakkan di sudut ruang tamu. Aksen sofa pada ruang tamu dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup dan nyaman untuk ditinggali. Sebaiknya jangan memilih sofa berwarna gelap untuk ruang tamu agar tidak menimbulkan kesan sesak. Atau, jika kurang suka dengan motif sofa, Anda bisa menggantinya dengan menambahkan bantal. bantal lebih lanjut tentang dekorasi nanti.

4. Jika ukuran ruang tamu Anda tidak terlalu besar, lebih baik pilih sofa yang memanjang atau berbentuk L, daripada yang berbentuk U atau bulat.

sofa memanjang via id.pinterest.com

Sofa memanjang bisa diletakkan di sudut ruang tamu, dan meja kecil bisa diletakkan di depannya. Tetapi jika ruang tamu Anda memiliki konsep ruang terbuka dan ingin menjauhkan ruang keluarga, sofa berbentuk L mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih cocok. Sofa ini memberikan kesan ruangan yang luas dan terbuka tanpa membatasi akses ruangan, sekalipun dapat digunakan sebagai pembatas ruangan. Ada baiknya, hindari memilih sofa berbentuk bulat atau bundar karena lebih banyak memakan tempat.

5. Pertimbangkan untuk memilih sofa ruang tamu yang murah tanpa sandaran yang lebih fleksibel.

tanpa dukungan lateral melalui www.dekoruma.com

Sofa tanpa sandaran tidak hanya bisa diletakkan di mana saja, tapi juga digunakan sebagai partisi. Ukurannya yang biasanya lebih kecil dari sofa lainnya akan memudahkan penataan nantinya. Bahkan, saat Anda akan memperluas ruang tamu Anda ke depannya, kursi sofa ruang tamu minimalis ini tetap bisa digunakan. Jika Anda ingin lebih kencang, Anda bisa menambahkan sofa ukuran lain yang diregangkan agar sesuai dengan lebarnya.

6. Meski ukurannya kecil, Anda tetap perlu mempertimbangkan bahan rangka sofa ruang tamu yang Anda pilih.

rangka kayu atau besi via id.pinterest.com

Ada dua pilihan rangka sofa sederhana untuk ruang tamu kecil yang bisa dipilih: bahan kayu solid dan besi. Namun dibandingkan dengan kusen kayu, kusen besi tidak memiliki banyak variasi model. Hindari memilih rangka sofa yang terbuat dari chipboard, kayu poli standar, dan kepadatan karena tidak tahan lama dan lebih mudah rusak.

7. Penting juga untuk menyelaraskan bentuk, ukuran dan warna sofa dengan barang dekorasi lainnya. Biar tidak bertabrakan dan terlihat serasi

sesuaikan dengan dekorasi lain melalui id.pinterest.com

Jika Anda menginginkan tampilan ruang tamu yang lebih minimalis, pilihlah sofa kayu berwarna putih dengan aksen garis-garis untuk mencerahkan ruangan. Namun jika Anda menginginkan konsep ruang tamu yang lebih tradisional, maka gunakan sofa ruang tamu yang elegan dengan model klasik dengan warna pastel kalem agar lebih menyatu dengan ruangan.

8. Alternatif lain adalah menggunakan tempat tidur sofa untuk ruang tamu kecil anda. Ringkas dan tidak memakan banyak tempat~

gunakan sofa bed melalui id.pinterest.com

Mayoritas tempat tidur sofa digunakan pada ruang tamu dengan konsep bersila. tempat tidur sofa hal ini tidak akan mengurangi tingkat kesopanan, karena selain karpet juga terdapat bantal yang dapat membuat tamu lebih nyaman. Tidak hanya nyaman dan terlihat ringan, gunakan tempat tidur sofa juga cenderung lebih fleksibel, apalagi jika ada tamu yang menginap. Alih-alih menyediakan kasur tambahan, tempat tidur sofa dapat diperluas dan digunakan untuk tamu yang tidur. Kenyamanannya tidak kalah dengan kasur atau kasur pegas.

9. Jangan ragu untuk mencoba sofa sebelum membelinya, meskipun Anda membutuhkan sofa ruang tamu yang tidak mewah.

coba sebelum membeli melalui www.yastroyu.ru

Daripada hanya melihat-lihat katalog produk sofa ruang tamu, sebaiknya minta izin penjual untuk mencoba dan meminjamnya. Pastikan bantal dan pelapis sofa terbuat dari bahan berkualitas agar nyaman diduduki. Cobalah bersandar untuk menguji kenyamanan dan mengukur tinggi dan ukuran sofa karena hal ini akan mempengaruhi posisi kaki saat duduk nantinya. Jika semuanya beres, maka sofa itu layak dibeli.

Berikut beberapa desain sofa ruang tamu minimalis yang cocok ditempatkan di ruang tamu kecil Anda.

1. Sofa dengan rangka kayu sering ditempatkan di ruang tamu berukuran kecil. Alih-alih sofa yang cerah, lebih baik memilih yang abu-abu. Jika memungkinkan, tambahkan kursi kecil di sudut kiri sofa untuk menambah tempat duduk, atau Anda juga bisa menambahkannya. bangku atau motif kursi bundar di sebelahnya

sofa ganda melalui id.pinterest.com

2. Sofa backless berwarna coklat ini akan membuat ruang tamu kecil Anda menjadi lebih luas. Untuk mencerahkan tampilan sofa, tambahkan bantal. bantal dan selimut bulu di samping sofa agar tidak terasa keras

sofa coklat via griya.koropak.co.id

3. Dengan rangka sofa yang unik, ruang tamu minimalis bisa terlihat lebih estetis. Meski sofa berwarna abu-abu yang cenderung kalem, namun tidak terkesan monoton berkat penambahan bantal motif berdiri

sofa kayu unik via id.pinterest.com

4. Sofa ruang tamu 2020 ini banyak diminati. Apalagi bagi mereka yang menggabungkan ruang tamu dengan keluarga. Karena lebih padat, sofa ini nyaman untuk duduk atau berbaring sambil menonton TV.

sofa nyaman via id.pinterest.com

Harga sofa ruang tamu minimalis memang pada dasarnya lebih mahal, apalagi jika Anda kebiasaan model. Nah, karena uang yang dikeluarkan lebih banyak, usahakan untuk memilih sofa ruang tamu yang benar-benar sesuai dengan luas dan desain ruangan. Agar tidak mubazir, pilihlah sofa yang cenderung fleksibel sehingga bisa diletakkan di mana saja. Jadi, jika suatu saat bosan, sofa bisa dipindahkan ke ruang tamu dan tetap berguna.