Membuat Absensi Siswa Dengan Excel

Membuat Absensi Siswa Dengan Excel – Absensi adalah catatan yang sangat penting untuk mengetahui partisipasi staf atau siswa di sekolah. Bagi anda yang berprofesi sebagai administrator di suatu perusahaan tentunya harus bisa membuat daftar absensi karyawan, karena itu adalah tugas seorang administrator.

Maka kali ini saya akan membahas secara tuntas bagaimana cara kerja menggunakan program pengolah angka yang sangat populer di dunia perkantoran yaitu. MicrosoftExcel.

Membuat Absensi Siswa Dengan Excel

Cara yang akan saya bagikan ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan presensi siswa di sekolah karena strukturnya tidak jauh berbeda dengan kehadiran tenaga khusus, yang terpenting adalah nama, tanggal presensi dan detail absensi.

Download Aplikasi Absensi Siswa Mts/Smp, SMA/MA Versi Vba Excel

Namun kali ini saya ingin berbagi tutorial membuat rencana konten untuk karyawan, bagi kalian yang ingin membuatnya untuk absen sekolah, sesuaikanlah.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan microsoft excel 2013, bagi anda yang menggunakan versi lama seperti 2007, 2010 atau yang terbaru 2016 silahkan sesuaikan. Ayo mulai!

Silahkan buat struktur tampilannya sesuai dengan kebutuhan anda terlebih dahulu, atau anda bisa membuatnya seperti gambar di bawah ini.

Untuk membuat tabel tema seperti gambar diatas saya rasa tidak perlu dijelaskan, mungkin anda pasti bisa melakukannya karena tidak ada cara khusus untuk membuatnya, ikuti saja susunan seperti gambar diatas yang saya buat. .

Membuat Absensi Dan Rekap Absen Menggunakan Google Forms

Sekarang setelah strukturnya siap, mari kita mulai dengan langkah-langkah untuk mengaktifkan beberapa fungsi agar secara otomatis melakukan pelacakan waktu.

Pemformatan bersyarat adalah salah satu fitur yang tersedia di Excel. Kami akan menggunakan fungsi ini untuk mewarnai setiap detail daftar peserta.

Misalnya, jika seorang karyawan hadir pada tanggal 1 Agustus, kami beri tanda titik (.) di mana titik pada sel yang diberikan akan berwarna hijau, tetapi jika tidak hadir atau alfa, maka kolom huruf (.a) kami masukkan merah.

1. Langkah pertama, harap blokir sel tempat Anda mengisi informasi. Jika Anda membuat tabel seperti balok dari sel C6 ke AG20, lihat gambar di bawah, bagian yang terang.

Pdf) Aplikasi Absensi Kuliah Berbasis Android Studi Kasus Absensi FKTI Universitas Mulawarman

4. Kemudian akan muncul kembali dialog New Formatting Rule, pilih Format Cells Only, lalu pilih Format Cells Only pada bagian Select Specific Text, atur Border menjadi Start, lalu masukkan simbol.

5. Pilih bagian Fill, lalu sesuaikan warnanya. Agar lebih mudah dibaca, sebaiknya sesuaikan warna informasi pada struktur daftar hadir. Misal disini saya pilih warna hijau lalu OK, OK.

6. Conditional Formatting Rules Manager akan menampilkan rule yang dibuat kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

7. Ulangi langkah 3 hingga 6 untuk memasukkan informasi tambahan seperti penyakit, izin, dan alfa. Perhatikan pada langkah 4, gunakan simbol yang berbeda, misalnya pain “s”, permission “i”, alpha “a”, jangan lupa ganti warnanya juga.

Contoh File Absensi Excel

Pada titik ini kami telah berhasil mengatur format bersyarat, silakan coba masukkan karakter nama tanggal tertentu. Misalnya pada tanggal 1 Agustus Andri hadir, beri tanda titik seperti gambar di bawah ini.

Warna akan berubah secara otomatis sesuai dengan setiap simbol yang diketik yang kita atur dalam fungsi conditional format. Jika warna berubah selama pemilihan, Anda berhasil.

Pada langkah ini kita akan mencari beberapa informasi misalnya jumlah kehadiran Andrey dalam sebulan yang hasilnya akan disimpan pada kolom informasi kehadiran.

Membuat Absensi Siswa Dengan Excel

Tidak, formula ini menempel pada sel standar. Jadi jika kita mengisi absensi pada tanggal tertentu maka otomatis kolom absensi akan berubah.

Aplikasi web absensi siswa/sekolah berbasis Gps, foto selfie dan notifikasi telegram

1. Klik kanan pada sel di bawah detail kehadiran, yang akan ada ruang untuk nomor kehadiran Andri, lalu tuliskan rumus di bawah ini di formula bar.

Setelah menuliskan rumus di atas, tekan enter, dan nomor absensi Andri akan muncul tepat di bawah sel absensi.

COUNTIF adalah rumus untuk menghitung jumlah sel dengan kriteria tertentu, contoh diatas menggunakan rumus C6:AG6 “.” Itulah standar yang kami cari.

Jadi jika sel C6 ke AG6 titik “.” Maka hasilnya akan disimpan di bagian keterangan karena titik “.” Kami mengatur agar dia hadir.

Cara Mengurutkan Nama Secara Abjad di Excel

Apakah saya perlu menghitung rincian untuk setiap karyawan? Tidak perlu, cari saja staf di daftar teratas (Andri Supriadi). Begitulah cara menghitung staf.

Pada sel rumus yang sudah anda masukkan tadi, arahkan kursor ke pojok kanan bawah sel, akan muncul tanda +, lalu klik kiri, tahan, lalu tarik ke bawah hingga baris pegawai terakhir, kemudian nomor absensi masing-masing pegawai otomatis akan muncul. Untuk memperjelas, perhatikan gambar di bawah ini.

Ulangi metode ini untuk catatan pasien, izin, dan bagian alfa. Jika Anda mencoba memasukkan detail karyawan mana pun pada tanggal apa pun, informasi penjumlahan akan secara otomatis memasukkan detail di setiap sel untuk setiap karyawan.

Membuat Absensi Siswa Dengan Excel

Langkah selanjutnya adalah mencari total dari setiap pernyataan untuk seluruh karyawan, mulai dari total absen, sakit, izin, hingga alfa.

Membuat Sistem Absensi Berbasis Rfid dan Excel

Caranya adalah dengan menggunakan rumus =SUM. Jika struktur yang Anda buat terlihat seperti gambar di atas, kami akan menggunakannya seperti ini:

Coba masukkan informasi karyawan pada tanggal berapa pun, sekarang tidak hanya total informasi setiap karyawan yang berubah secara otomatis, tetapi juga total informasi semua karyawan berubah secara otomatis.

Disini kita sudah berhasil membuatnya 😊, tampilan sudah siap digunakan. Silahkan lihat gambar di bawah ini, jika kita menggunakan absensi untuk mencatat kehadiran karyawan, angkanya akan disesuaikan secara otomatis.

Bonus : Bagi kalian yang bingung dan tidak mau ribet bisa download auto presence yang saya buat, jika masih bingung silahkan tuliskan masalahnya secara khusus di kolom komentar agar saya bisa menjawabnya dengan jelas . .

Cara termudah untuk membuat absen online di Google Form

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat 😁 bagi kalian yang ingin mencoba tampilan yang saya buat silahkan tulis alamat email kalian di kolom komentar dan saya akan email password rar nya.

Update: Maaf, saat ini saya tidak menerima permintaan password login gratis yang saya buat dengan berbagai alasan. Aplikasi absensi untuk siswa ini tidak membutuhkan jaringan internet dan dapat diakses melalui handphone atau komputer yang terhubung dengan jaringan lokal. intranet Kita dapat membuat jaringan intranet dengan wifi / software router wifi saya / hotspot ponsel / jaringan kabel / ad hoc antar komputer / berdiri sendiri jika hanya ada 1 pengguna, tidak perlu jaringan, banyak pilihan!!!

Dengan adanya aplikasi ini, maka rangkuman ketidakhadiran siswa per kelas atau rincian ketidakhadiran dan keterlambatan selama periode tertentu dapat diketahui dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil tindakan disiplin pada jenjang selanjutnya.

Membuat Absensi Siswa Dengan Excel

Silahkan buka alamatnya dan download file aslinya sebelum saya ubah dan penjelasannya juga ada. Bagi yang kesulitan mendapatkan file aslinya, saya juga akan membagikannya di Google Drive, silakan klik:

Membuat Absensi Dengan Microsoft Excel

Perbedaan antara aplikasi asli dan yang saya modifikasi adalah penambahan menu ringkasan untuk ketidakhadiran dan lagging. Jadi peserta tidak perlu check-in tinggal ganti yang telat. Lalu ada perbaikan pada halaman login.

2. Pastikan anda sudah memiliki file aplikasinya (source codenya), terserah anda ingin menggunakan master asli atau modifikasi yang saya bagikan pada link diatas, pilih salah satu saja.

9. Untuk memasukan data siswa sebanyak yang saya sarankan melalui localhost/phpmyadmin, pilih tabel siswa disebelah kiri lalu pilih SQL dan copy semua siswa sesuai dengan format input yang tertanam di script, gunakan Excel untuk mencocokkan karakter. Naskah. Jadi kami bisa memproses banyak siswa sekaligus, tidak harus satu per satu.

Aplikasi ini saya dapatkan secara gratis, jadi saya bagikan juga gratis, semoga banyak orang yang membagikannya secara gratis. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi saya di 081280755365. Terima kasih

Php Source Code Aplikasi Absensi Siswa Sekolah Berbasis Web

Absensi siswa dengan excel, aplikasi absensi siswa dengan excel, aplikasi absensi siswa excel, template absensi siswa excel, grafik absensi siswa excel, daftar hadir siswa excel, absensi siswa excel, cara membuat aplikasi absensi siswa dengan excel, download absensi siswa excel, absensi contoh excel siswa, format absensi siswa excel, cara membuat absensi siswa dengan excel