5 jenis kerusakan petir dan cara memperbaikinya

Hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan akibat putusnya resleting pada baju, celana, tas atau jaket. Entah resleting yang tidak mau menutup kehilangan giginya, atau yang suka turun-turun sendiri karena kurang kencang. Jika demikian, biasanya barang dengan ritsleting yang rusak dianggap tidak dapat digunakan, maka singkirkan saja. Meski sebenarnya bisa diperbaiki.

Jika Anda memiliki masalah dengan kilat, jangan dibuang, cobalah trik untuk memperbaiki semua jenis kerusakan petir gaya Kiat Hippie itu mengikuti.

1. Kerusakan pertama karena retsleting macet atau sulit digerakkan, tidak mau dibuka atau ditutup.

lilin melalui www.inofermuar.com

Petir yang macet meski ditarik dengan keras biasanya terjadi karena alasan berikut: slider atau kepala ritsleting tersangkut benang tipis di sekitarnya, atau gigi ritsleting kering.

Trik dia dengan menggosok batang lilin ke gigi ritsleting untuk melumasinya. Selain menggunakan lilin batangan, Anda juga bisa mengoleskan grafit pada ujung pensil atau mengoleskan petroleum jelly.

2. Ritsleting terpisah dan tidak mau menyambung, ini sering terjadi pada jaket atau tas!

cara memperbaiki resleting yang rusak

slider aman dengan tang runcing melalui www.zipperrescue.com

Ada dua sebab yang menyebabkan rusaknya resleting ini, bisa karena gigi resleting yang kotor dan slider bengkok atau melemah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi isi tas (jika yang bermasalah adalah resleting pada tas). Kemudian ikuti metode berikut:

  • Jika gigi ritsleting kotor: buat larutan air sabun, basahi dengan kapas dan seka gigi ritsleting dengannya. Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Jika sliderbengkok atau longgar: Gunakan tang runcing untuk mengencangkan kepala ritsleting yang longgar atau meluruskannya jika bengkok.

3. Ritsleting yang cenderung terbuka dan terbuka sendiri karena gigi ritsleting mulai berjumbai, yang biasanya terjadi pada celana.

Jika gigi kilat sudah aus, tentunya slideritu berat, jadi mereka melakukannya. Padahal, cabang resleting yang sudah aus ini tidak bisa diperbaiki kecuali dengan menggantinya. Tapi Anda masih bisa menipu!

Gunakan gantungan kunci yang bisa Anda beli di toko alat jahit, atau gunakan gantungan kunci bekas. Kaitkan kait mata itu slidertarik ke atas, lalu masukkan lubang gantungan kunci ke kancing celana Anda.

4. Gigi resleting bagian bawah terlepas atau hilang, terakhir kerjakan slideritu tidak dapat bekerja dengan baik

cara memperbaiki resleting yang rusak

patah gigi bawah via www.youtube.com

  • Untuk menarik slider (membuka gigi) ke ujung bawah ke atas slider di sisi kiri ritsleting.
  • Lepaskan juga ritsleting terowongan persegi.
  • Install sliderlalu tarik ke atas.
  • Masukkan ritsleting kembali di bagian bawah gigi.
  • Jahit gigi ritsleting yang rusak agar tidak putus.

5. Penghenti ritsleting atas juga bisa rusak. slidermudah kendor

memperbaiki kait atas yang rusak melalui id.pinterest.com

  • Tarik retsleting ke atas, lalu balik baju atau celana bagian dalam sehingga retsleting berada di bagian luar.
  • Temukan jahitan yang menahan sumbat ritsleting atas, buka dan tarik dengan tang untuk melepaskan sumbat ritsleting atas.
  • Pada posisi yang sama, masukkan gerigi kiri ke sisi kiri kepala resleting, lakukan hal yang sama dengan sisi kanan.
  • Pegang bagian bawah ritsleting dengan satu tangan dan gerakkan kepala ritsleting ke arah tengah dengan tangan lainnya.
  • Balikkan baju atau celana bagian kanan ke luar, letakkan penahan ritsleting atas pada gigi atas di sisi kiri ritsleting. Kemudian tekan dengan tang dan kencangkan.
  • Jahit jahitan jahitan ritsleting dengan jarum dan benang.

Memang, untuk memperbaiki ritsleting rusak Butuh kesabaran, apalagi kalau ada cara menjahitnya juga. Namun tidak ada salahnya mencoba mengaplikasikannya sebelum meminta penjahit untuk memperbaikinya.

Jika Anda dapat menyelesaikan masalah kecil seperti itu sendiri, status Anda dekat dengan kata “mandiri”.