Cara Menambahkan Lampiran di Google Classroom

Cara Menambahkan Lampiran di Google Classroom – Banyak perubahan yang terjadi sejak pandemi, mempengaruhi semua sektor di seluruh dunia, termasuk pendidikan. Dilarang membuka sekolah umum yang memaksa siswa dan guru melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah.

Meski banyak kendala, sekolah online telah menjadikan Google Classroom sebagai portal pembelajaran online pilihan.

Cara Menambahkan Lampiran di Google Classroom

Google Classroom adalah platform pendidikan yang dapat membantu Anda mengelola berbagai kegiatan pembelajaran, termasuk tugas, materi, forum diskusi, dll.

Solusi, Kenapa Tidak Bisa Kirim Tugas di Google Classroom

Guru dapat berkomunikasi secara virtual dengan siswa secara gratis. Selain itu juga lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan berbagai layanan dari Google sendiri seperti Gmail, Google Forms, Google Drive, dll.

Sebelum bisa masuk ke Google Classroom, ada beberapa akun yang bisa digunakan dengan hak akses fitur yang berbeda. Beberapa jenis akun ini dibagi menjadi:

Ketika Anda ingin menggunakan Google Classroom dengan akun pribadi, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memiliki Akun Google. Jika belum, silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, jika akun Google sudah dibuat, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses Google Classroom:

Panduan Fitur Google Kelas untuk Guru, Mulai dari Membuat Kelas hingga Halaman Tugas Siswa Semua

Google Classroom hadir untuk membantu pengajar agar mereka dapat fokus mengajar tanpa akses terkontrol. Selain sekolah, keberadaan Google Classroom juga dapat membantu mempermudah alur kerja dan memudahkan komunikasi antara guru dan siswa.

Saat Anda ingin mengajar melalui Google Classroom, Anda dapat bergabung dengan kelas yang sudah dibuat atau membuat kelas Anda sendiri. Jika administrator sekolah membuat kelas, cara menerima kelas yang disediakan adalah:

BACA JUGA  Mengapa Indonesia Disebut Negara Berkembang

1. Setelah masuk ke Google Classroom, terdapat menu “Course Page” di bagian atas, klik “Add +” lalu klik “Create Class”. Jika opsi ini tidak dapat dipilih, akun hanya dapat mengikuti kelas. Hubungi administrator yang mengelola akun untuk mendapatkan bantuan.

Setelah menyelesaikan proses di atas, Google akan secara otomatis membuat kode kelas yang dapat digunakan untuk mengundang siswa ke kelas tersebut. Untuk setiap jenis akun, terdapat batasan fungsional saat menggunakan Google Classroom, seperti yang ditunjukkan pada tabel:

Tidak Dapat Menggunakan Google Classroom Dengan Akun

Cara termudah untuk mengundang siswa ke kelas adalah dengan membagikan kode otomatis yang dibuat oleh Google. Cara share kodenya seperti :

3. Setelah itu, lihat ke kiri di bawah judul kelas yang bertuliskan “Kode Kelas”, klik kodenya.

Materi dapat disimpan sebagai draf atau dijadwalkan untuk dipublikasikan kapan saja. Ketika Anda ingin memberikan materi pendidikan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

6. Impor file materi. Anda juga dapat menambahkan file dari komputer Anda sendiri atau dari Google Drive, seperti Google Docs, Google Sheets, dll.

Mengapa akun Google Classroom saya tidak bisa melampirkan file karena ditolak oleh server?

Tugas yang ingin Anda buat dapat langsung diunggah, disimpan sebagai draf, atau diterbitkan nanti. Selain itu, hak akses siswa terhadap file tersebut juga dapat diatur jika siswa hanya dapat melihatnya, mengeditnya atau bahkan membuat salinan untuk setiap siswa. Untuk dapat melakukan tugas-tugas berikut, langkah-langkahnya adalah:

4. Di bagian ini, masukkan judul tugas dan deskripsi tugas. Anda juga dapat menambahkan lampiran dari penyimpanan Anda sendiri atau penyimpanan Google Drive, seperti Google Docs, Google Sheets, dll.

Tidak hanya membuat tugas, untuk menguji pemahaman siswa, guru juga bisa mendiskusikan materi pembelajaran. Cara menggunakan Google Classroom untuk berdiskusi adalah:

4. Isi kolom dengan pertanyaan yang ingin anda tanyakan dan anda juga bisa menambahkan petunjuk untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban juga dapat disusun dalam bentuk esai atau pilihan ganda.

Ketahui 4 Fitur Google Classroom dan Keunggulannya

Selain melalui menu pertanyaan, diskusi juga dapat dilakukan langsung setelah memilih kelas pada halaman muka dan klik “Share something with your class”. Perbedaan dalam memposting diskusi di sini tidak dapat dinilai.

BACA JUGA  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Google Drive

Biasanya, setelah siswa selesai mengerjakan tugasnya, tugas tersebut akan otomatis muncul di halaman “Tugas Siswa” setelah memilih kelas. Saat melakukan penilaian, guru juga dapat memberikan umpan balik pada saat yang sama. Kemudian, jika sudah memberikan nilai, tugas akan dikembalikan kepada siswa. Untuk melakukan penilaian, beberapa langkah harus dilakukan:

Inilah cara Anda dapat menggunakan Google Classroom (untuk mengajar guru). Kami berharap informasi ini akan membantu Anda dalam peran Anda sebagai seorang guru.

Bagaimana? Sudah siap mencoba metode pembelajaran dengan Google Classroom? Untuk menambah pengetahuan umum lainnya selama di rumah, subscribe juga videonya. Jadi tunggu apa lagi, para guru? Ayo, coba! Google classroom atau sering juga disebut google class merupakan layanan yang dihadirkan oleh google yang ditujukan untuk pusat pendidikan agar proses belajar mengajar dan tugas dapat dilakukan di internet.

Cara Menggunakan Google Kelas

Dengan cara ini, penggunaan kertas dapat dikurangi dan juga lebih mudah bagi guru untuk mengumpulkan lembar kerja siswa dan mengaturnya. Layanan ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Di tengah pandemi seperti saat ini, kehadiran Google Classroom sangat bermanfaat. Kelas online sekarang bisa diganti.

Namun, jika ada masalah dengan Google Classroom akan membuat siswa khawatir. Masalah yang cukup sering terjadi adalah siswa tidak dapat mengirimkan file tugas ke Google Classroom. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat mengirimkan tugas di Google Classroom dan cara memperbaikinya.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengupload file atau menyerahkan tugas yang diberikan oleh guru, cobalah tips berikut ini:

Terkadang alasan Anda tidak dapat mengirimkan file tugas ke Google Classroom adalah karena aplikasi kelebihan beban. Kemacetan ini terjadi ketika terlalu banyak orang dikirim ke Google Classroom pada saat yang bersamaan, sehingga sulit untuk mengakses server. Misalnya, batas waktu tugas Anda ditetapkan pada pukul 15.00

Cara Mengerjakan Dokumen yang Ditugaskan Secara Pribadi di Google Classroom Android

Dan pada saat itu, siswa lain juga diberangkatkan pada saat yang bersamaan. Jika Google Classroom menerima terlalu banyak data sekaligus, itu akan membebani aplikasi. Solusinya adalah menyerahkan berkas tugas setelah pukul 03.00. atau jauh sebelum pukul tiga.

BACA JUGA  Mengapa Indonesia Disebut Negara Agraris

Alasan lain mengapa Anda tidak dapat mengirimkan tugas di Google Classroom adalah karena koneksi internet Anda tidak stabil atau lambat. Memiliki koneksi internet yang cepat dan lancar sangat penting saat mengirim misi. Apalagi jika tugas tersebut memiliki ukuran file yang cukup besar, seperti video dan lainnya.

Koneksi internet yang stabil dan stabil tentunya sangat dibutuhkan. Selalu pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik sebelum mengirimkan tugas. Jika tugas cukup besar, lebih baik dikompres dulu agar ukuran file lebih ringan dan mudah dikirim dengan koneksi internet yang kurang stabil.

Jika Anda adalah pengguna ponsel Xiaomi, Anda mungkin sering tidak dapat mengirimkan tugas ke Google Classroom. Ini karena lampiran telepon Xiaomi tidak dapat terhubung ke Google Classroom. Jika ini terjadi, Anda perlu mengunduh aplikasi galeri bernama “Galeri Sederhana”. Anda harus mendownload aplikasinya melalui PlayStore.

Cara Mengatasi Google Classroom Tidak Bisa Login dan Muncul “Silakan Hubungi Administrator Domain Anda Untuk Mengakses Google Classroom”

Setelah berhasil mendownload, langkah selanjutnya adalah submit file seperti biasa melalui Google Classroom. Saat memilih file untuk diunggah, harap pilih file dari Galeri Sederhana, bukan galeri default. Ini akan mengirim file tugas Anda ke Google Classroom.

Hal lain yang terkadang menyebabkan file tidak terkirim di Google Classroom adalah karena format file tidak sesuai dengan format yang disediakan oleh Google Classroom. Biasanya berbagai jenis file bisa dikirim ke Google Classroom, seperti JPG, JPEG, WAV, doc, pdf dan lain-lain.

Namun, jika Anda menggunakan format file selain Google Classroom, file tersebut tidak dapat diterima. Jika hal ini terjadi, Anda perlu mengubah format file ke jenis format yang didukung oleh Google Classroom agar nantinya file berhasil dikirim.

Cara menambah kelas di google classroom, tidak bisa menambahkan link di google classroom, cara membuka lampiran di google classroom, cara mengirim lampiran di google classroom, cara menambah pengajar di google classroom, cara menambah akun di google classroom , cara menyalin lampiran di google classroom, cara menghapus lampiran di google classroom, cara membuat attachment di classroom, cara menambahkan google classroom di layar utama laptop, cara menambahkan akun google classroom, cara menambahkan tugas di google classroom

https://pilarnarasi.com/