Cara menurunkan demam tanpa obat yang bisa anda coba

Penggunaan obat terutama sirup untuk anak-anak saat ini tidak dianjurkan untuk digunakan. Hal ini tak lepas dari sejumlah kandungan berbahaya dalam sirup yang menyebabkan gagal ginjal pada anak hingga menyebabkan sejumlah kasus kematian. Orang tua yang anaknya mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, pilek, demam dan lainnya juga bingung dengan anjuran ini. Namun, ada cara aman menurunkan demam yang bisa dilakukan tanpa harus melibatkan obat-obatan.

Namun, sebelum mengetahui cara menurunkan demam secara alami dan aman, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa demam bisa terjadi. Dikutip dari Alodokter, demam adalah peningkatan suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat Celcius. Keadaan ini terjadi sebagai tanda adanya penyakit atau kondisi tertentu pada tubuh. Demam juga merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Sebagian besar demam yang terjadi dan dipengaruhi oleh infeksi virus akan membaik secara alami. Namun, jika demam mencapai suhu di atas 39 derajat Celcius, pakar kesehatan menganjurkan tindakan khusus untuk mengatasinya.

Setelah mengetahui pengertian umum dan penyebabnya, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu cara menurunkan demam secara alami dan aman. Yuk simak di bawah ini!

1. Rendam dalam air hangat

Mandi air hangat terbukti dapat menurunkan demam. Anda dapat berendam di air hangat, bersantai dan menikmati setiap momen karena air secara bertahap kehilangan panasnya. Karena suhu air perlahan mendingin, suhu tubuh orang yang mandi akibat demam juga akan turun.

2. Jaga kaus kaki basah

Cara ini biasanya efektif pada malam hari. Dapatkan sepasang kaus kaki tebal yang relatif panjang, yang dapat menutupi mata kaki. Sebelum dipakai, basahi kaus kaki di bawah air dingin yang mengalir. Peras kaus kaki dan mulailah memakainya. Kenakan kaus kaki lain untuk menjaga suhu. Orang yang menggunakan cara ini juga harus beristirahat di tempat tidur sepanjang malam dan harus memakai selimut.

Pengobatan ini merupakan cara tradisional untuk menurunkan demam. Secara teori, suhu dingin pada kaki akan merangsang dan meningkatkan sirkulasi dan imunitas tubuh. Hasilnya, panas tubuh lebih tersebar dan memungkinkan kaus kaki basah mengeringkan dan mendinginkan tubuh. Perawatan ini juga dapat mengurangi gangguan dada.

3. Kompres kepala dengan handuk basah

Mengompres kepala dengan handuk basah juga merupakan salah satu cara menurunkan demam. Anda bisa membasahi handuk dengan air dingin, kurangi airnya dengan meremas dan mengompres kepala. Selain di kepala, handuk basah juga bisa dikompres di sekitar leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan. Tipsnya, jangan mengompres lebih dari dua area karena bisa menurunkan suhu tubuh terlalu cepat.

4. Tetap terhidrasi

Salah satu cara menurunkan demam secara alami adalah dengan tetap terhidrasi. Konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi. Air tidak hanya bisa didapat dari air biasa, tapi juga dari buah-buahan segar yang kaya vitamin C. Diantaranya adalah buah beri, semangka, jeruk, dan mentimun. Buah ini juga bisa membantu melawan infeksi, lho!

5. Makan sup panas

Cobalah untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, seperti sup. Anda bisa makan sup ayam dan sayuran, yang secara klinis dapat membantu proses pemulihan.

6. Minum teh herbal

Minum teh herbal sangat membantu menurunkan demam. Anda bisa memasak teh herbal dengan campuran madu atau jeruk. Bahan lain yang bisa Anda campur antara lain daun kemangi, oregano, jahe atau daun thyme. Untuk anak-anak, kurangi penggunaan bahan-bahan tersebut.

Baca juga: 6 Cara Cepat Tidur di Pesawat, Bus, atau Kereta

Itulah beberapa cara menurunkan demam secara alami dan aman. Untuk anak-anak, Anda harus memberi perhatian ekstra dan berkonsultasi dengan dokter anak jika tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan!

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter Dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini seputar dunia pariwisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!