Khotbah Lukas 16 19 31

Khotbah Lukas 16 19 31 – Tetapi Abraham berkata: Mereka memiliki kesaksian Musa dan para nabi; biarkan mereka bersaksi. (Lukas 16:2)

Kemampuan umat dalam mengingat khotbah Minggu dapat digambarkan sebagai berikut. Pada hari Minggu, banyak yang masih mengingat khotbah yang diberikan oleh pendeta. Pada hari Senin, orang masih ingat 1 paragraf dari khotbah pendeta. Itu sampai hari Sabtu. Tapi, pada hari Sabtu, orang-orang melupakan khotbah. Maksud dari perumpamaan ini adalah terkadang kita tidak begitu mendengarkan firman Tuhan yang kita dengar, sehingga kita mudah lupa.

Khotbah Lukas 16 19 31

Itulah yang terjadi pada orang kaya dalam cerita ini. Dalam hidupnya, orang kaya itu mendengar kesaksian Musa dan para nabi. Tapi, orang kaya itu tidak mendengarkan. Hal ini terlihat dari perbuatannya yang juga ditunjukkannya dalam percakapannya dengan bapa Ibrahim. Orang kaya itu berkata bahwa jika seseorang ingin bangkit dari kematian, harus ada iman dan pertobatan. Orang kaya dalam cerita ini dan keluarganya mendengar firman Tuhan, tetapi mereka tidak pernah mendengarkan. Jadi Abraham berkata kepadanya, bahkan jika seseorang bangkit dari kematian, keluarga orang kaya itu tidak akan mempercayainya.

Mendengarkan dan Menghidupi Firman

Firman Tuhan ini mengingatkan kita untuk memeriksa diri sendiri. Apakah kita benar-benar mendengarkan pesannya, atau hanya mendengarkan? Dengarkan firman Tuhan dengan sepenuh hati, dan hiduplah Miskin, hiduplah di dunia ini dan dunia yang akan datang. Perbedaan antara keduanya ditanggapi dengan sangat serius. Yang kaya mengenakan jubah yang indah dan pakaian ungu, yang miskin ditutupi dengan bisul yang bau. Orang kaya dan orang kaya berpesta, orang miskin dan anjing berpesta luka. Berbahagialah orang kaya di dalam rumah, yang kotor tidur di depan pintunya. Pintu gerbang harus menjadi kesempatan untuk berbagi dan mengundang orang lain ke dalam rumah. Namun, keduanya tetap di tempatnya. Tidak ada satu kata pun teguran, apalagi jabat tangan. Orang miskin hanya menginginkan remah-remah yang jatuh di atas meja orang kaya. Keinginan yang tidak terpenuhi! Namun, kisah ini mengejutkan: orang miskin diberi nama, orang kaya tidak. Orang malang itu punya nama, meski dia tidak punya. Lazarus berarti “Tuhan membantu”, melambangkan akhir yang bahagia. Di sisi lain, orang kaya itu tidak punya nama padahal dia punya segalanya. Itu untuk melambangkan akhir yang kosong, bahkan setetes air pun tidak bisa dia miliki!

Pada saat kematian, tempat kedua belah pihak ditentukan oleh pihak lainnya. Apa yang terjadi pada mereka di luar kendali mereka. Lazarus mati dan dibangkitkan oleh malaikat, orang kaya itu mati dan dikuburkan oleh manusia. Lazarus naik ke pangkuan Abraham, orang kaya itu turun ke kubur. Kini, jarak antara keduanya terlalu lebar dan tidak bisa dijembatani. Apa yang terjadi pada mereka memang benar: Lazarus adalah tamu terhormat di pesta abadi, sedangkan orang kaya menderita di Hades. Saat itulah mata orang kaya itu terbuka dan dia melihat Lazarus. Selama dia hidup, matanya tertutup untuk membantu. Setelah dia meninggal, matanya terbuka untuk meminta pertolongan. Namun, dia hanya menyapa Abraham. Baginya, Lazarus tetaplah seorang miskin dan seorang hamba.

, hanya di dunia ini ada peluang dan peluang untuk membantu orang lain. Di dunia ini Anda memiliki kesempatan untuk membuka pintu hati Anda bagi orang lain yang sedang menderita. Di dunia ini Anda memiliki kesempatan untuk membuka pintu rumah untuk berbagi dengan para ayah itu. Mengabaikan untuk membuka pintu dan mempertaruhkan jarak sekarang dan di sini, dia pasti akan menambah celah kita tanpa henti nanti. Jadi, kapanpun ada waktu: perbaiki jarak antara kita disini, karena dalam hidup jarak ditentukan oleh Yang Lain. Di sana, tidak ada komunikasi, jaraknya tidak terbatas, tidak ada jembatan!

, tidak perlu mujizat untuk menyembuhkan dan menutup jurang pemisah antara orang miskin di negeri ini. Tidak perlu berita atau informasi dari seseorang yang telah bangkit dari kematian. Yang diperlukan hanyalah mendengarkan dan membuka mata kita, melihat ke luar zona nyaman kita dan menjadi egois. Pemahaman ini harus terus dikembangkan dengan mengacu pada tuntutan keadilan dalam Kitab Suci, yang disampaikan oleh Musa dan para Nabi, dan terutama dalam kata-kata keadilan Tuhan sendiri.

Yesus Memberi Pemulihan (Lukas 13:10 17)

Tuhan, Bapa kami, aku mendedikasikan hari ini untukMu. Saya mengungkapkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan, dan kegembiraan saya hari ini kepada Putra Anda Yesus Kristus, yang selalu memberikan dirinya dalam Ekaristi agar dunia dapat diselamatkan. Kiranya Roh Kudus yang menghidupkan Yesus juga menjadi Pemimpin dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap menjadi saksi KasihMu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, saya berdoa kepada Bapa Suci Paus dan para rasul untuk doa Gereja di Indonesia bulan ini:

https://www.youtube.com/watch?v=-GqW2Bu9ruI

Perlindungan Lautan: Saya harap politisi, ilmuwan, dan ekonom dapat bekerja sama untuk melindungi dan melestarikan lautan dan lautan dunia.

Pemberita Kabar Baik: Kami berharap dengan tekun mengikuti Kitab Suci, umat Katolik dapat memaknai berbagai peran mereka sebagai kesempatan untuk mewartakan Kabar Baik kepada sesama manusia.

Renungan Hari Minggu, 7 November 2021: Iman yang Rendah Hati dan Dari Hati

Umat ​​Keuskupan kita harus selalu mengandalkan kehadiran malaikat, utusan Tuhan sebagai tanda Penyelenggaraan Ilahi agar hikmat ilahi dapat memperkuat Gereja. Saudara dan saudari terkasih, Suatu hari akan terjadi kebakaran besar di suatu tempat di London pada tahun 1978. Seorang ibu pergi untuk meminta bantuan petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan seekor kucing dari rumah yang terbakar. Sayangnya, polisi tidak dapat menemukan bagian bawah pohon besar dan tertangkap. Setelah kucing tersebut diselamatkan, sang ibu mengajak polisi untuk minum kopi di dekat lokasi kucing tersebut. Usai minum kopi, petugas langsung meninggalkan tempat itu. Begitu dia menyalakan mobilnya, tiba-tiba kucing itu datang di depannya dan mengalami kecelakaan. Kucing itu tertimpa roda api besar, dan mati. Kucing yang beruntung tidak lolos dari kematian. Sekarang kucing itu sudah pergi, dia tidak bisa hidup lagi. Namun berbeda dengan manusia, dalam Lukas 16 ayat 19 sampai ayat 31, Firman Tuhan berbicara tentang kehidupan setelah kematian. Manusia tidak seperti kucing, manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling tinggi. Dia diberi tugas untuk menjalani hidupnya di bumi. Setelah kematian, seseorang harus mempertanggungjawabkan tindakannya di hadapan Tuhan. Tuhan juga memberi manusia kesempatan untuk hidup menghormati namanya. Jika seseorang tidak menggunakan kesempatan ini, maka dia akan menerima hukuman pada hari penghakiman. Mari kita lihat apa yang terjadi pada Lazarus dan orang kaya dalam hidup mereka, dan apa yang mereka terima setelah mereka meninggal.

Pertama, ada orang kaya yang hidupnya selalu mewah dan bahagia dengan kemewahannya. Dia tidak peduli dengan orang lain dan lingkungannya. Ia hidup dengan sendirinya. Sungguh, orang yang tidak mengenal belas kasihan. Ketika Lazarus yang malang datang kepadanya, dia menutup pintu hatinya untuk membantu, meskipun dia kaya dan persembahannya yang sedikit dapat menyejukkan perut Lazarus yang lapar dan mulut yang haus. Dia tidak menghormati Lazarus dan dia melihat anjing-anjing yang datang bekerja untuk orang malang ini. Kita juga tahu bahwa di negeri ini banyak orang kaya yang tidak tahu bagaimana membantu orang miskin. Mandiri, single party, orang kaya bisa menghabiskan jutaan rupiah bahkan milyaran. Sedangkan orang miskin harus bekerja seumur hidup untuk membuat pesta kecil-kecilan. Jika orang kaya ini baik, pemberiannya kepada Lazarus tidak akan membuatnya miskin. Dengan sisa-sisa dari meja orang kaya itu, Lazarus dapat hidup seumur hidupnya.

Kedua, ada juga seorang miskin bernama Lazarus, seperti yang disebutkan di pasal pertama. Pria malang ini tidak ada hubungannya dengan itu. Hidup saja menurut orang lain. Lazarus yang malang ini mungkin tidak memiliki kemampuan untuk bekerja, atau dia mungkin tidak memiliki kemampuan yang sama dengan orang kaya itu. Tentu saja, perumpamaan ini tidak mengatakan apa dan bagaimana Lazarus menjadi miskin, tetapi jelas bahwa dia miskin. Lazarus mewakili semua orang miskin di dunia ini. Dia bertahan hidup setiap hari hanya dengan mengemis. Kita tahu bahwa di mana-mana ada orang miskin. Yesus berkata: “Orang miskin selalu bersamamu”. Ini berarti bahwa orang dibenci oleh dunia di semua belahan dunia. Kehadiran mereka memberi kesempatan kepada orang kaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Tapi tidak banyak orang yang peduli dengan orang miskin. Orang bisa mencatat jumlah orang miskin, tapi tidak bisa mencatat berapa banyak yang diuntungkan. Orang tahu tentang orang miskin, tetapi mereka tidak tahu siapa yang akan membantu. Inilah kenyataan yang akan terjadi di dunia selama kita hidup.

Teman-teman terkasih, jelas dari ayat-ayat ini bahwa kedua orang ini, baik kaya maupun miskin, tidak bisa lepas dari kematian. Setiap orang mati, dan menerima upahnya sesuai dengan perbuatannya di dunia ini. Orang kaya itu mati dan masuk ke tempat kesusahan, dan Lazarus masuk ke tempat kebahagiaan, yaitu pangkuan Abraham. Orang kaya dan Lazarus masing-masing menerima bagian mereka dan berkata:

Perumpamaan tentang orang kaya dan Lazarus yang miskin

Pertama, orang kaya memasuki zona kesusahan. Nyeri terbakar. Panas dan haus dan tidak ada yang membantu. Masih melihat kelakuannya, dia meminta Lazarus untuk mencelupkan jarinya ke dalam air untuk mendinginkan mulutnya yang haus. Kebahagiaan dunia telah menjadi bencana bagi orang kaya. Dia lupa bahwa di dunia sebelumnya dia adalah orang yang kejam dan tidak akan memberi Lazarus setetes air pun, bahkan anjing-anjing itu datang untuk melayani Lazarus. Orang kaya itu meminta Abraham untuk memberi tahu saudara-saudaranya yang masih hidup agar mereka tidak hidup seperti dia. Mungkin orang kaya ini mengira kerabatnya di bumi dapat membantu. Ibrahim jelas menolak, karena di bumi ada kesaksian para nabi dan tidak ada alasan bagi orang-orang dari dunia orang mati untuk mengumumkannya, karena justru sebaliknya.

Khotbah Lukas 4 18 19, Khotbah Lukas 16 19 31, Renungan Lukas 19 1 10, Khotbah Lukas 19 1 10, Khotbah Lukas, Khotbah Matius 25 31 46, Khotbah Lukas 7 36 50, Khotbah Lukas 16 1 9, Khotbah Lukas 7 11 17 , Khotbah Yohanes 20 19 31, Khotbah Lukas 17 11 19, Lukas 19