Jangan Disetrika 7 Bahan Pakaian Ini. Dengan merusak teksturnya, Anda juga bisa membersihkan diri sendiri

Siapa yang terbiasa menyetrika pakaiannya? Selain memperhatikan suhu saat menyetrika, penting juga bagi Anda untuk melihat bahan pakaian yang akan disetrika. Karena tidak semua bahan pakaian akan bagus jika dipanaskan dari setrika, namun justru merusak serat kainnya. Tidak hanya merusak seratnya, bahan garmen ini juga tidak akan kusut meski tidak disetrika.

Coba perhatikan, jika Anda memiliki pakaian dengan bahan-bahan yang tercantum di bawah ini, sebaiknya jangan disetrika. Selain itu, tidak akan bingung dan lebih menghemat waktu bukan?

1. Bahan beludru yang cukup tebal dan terasa kasar jika disentuh akan merusak teksturnya saat disetrika.

bahan corduroy via shopee.co.id

Bahan ini memiliki tekstur bujursangkar yang dipatenkan. Jika disetrika, teksturnya akan mudah rusak dan warnanya menjadi belang. Jika Anda merasa korduroi Anda sedikit kusut, sebaiknya luruskan dengan setrika uap. Namun jika memang tidak memiliki setrika uap, Anda bisa menggunakan setrika listrik biasa dengan membalik kainnya.

2. Selain tidak perlu dicuci terlalu sering, denim juga tidak perlu disetrika.

jeans melalui thefancypantsreport.com

Setelah kering, biasanya Anda akan menemukan beberapa bagian denim yang kusut. Tapi bukan berarti harus disetrika. Bagian yang membingungkan ini mungkin akan hilang dengan sendirinya saat Anda menggunakannya nanti.

3. Bahkan kaos olahraga jersey Anda pun tidak perlu disetrika saat ingin dipakai.

Jersey melalui sosocesmoi.com

Setelah kering, Anda bisa langsung menyimpan pakaian rajut di dalam lemari. Namun jika terlihat kusut, bisa disetrika dengan api kecil. Suhu setrika yang tinggi dapat merusak tekstur dan corak kain.

4. Pakaian poliester tidak perlu disetrika sama sekali, apalagi jika kandungan poliesternya 100 persen.

poliester melalui www.dekoruma.com

Jenis bahan ini biasanya tidak kusut setelah dicuci. Jika terlihat terlalu encer, Anda bisa menyemprotnya dengan air dan menyetrikanya dengan api kecil. Ini karena menggunakan setrika pada suhu tinggi dapat merusak kain bahkan membakarnya.

5. Karena tekstur kainnya yang lembut, pakaian wol tidak perlu disetrika.

wol melalui www.glenaran.com

Alih-alih menyetrika, Anda bisa menggantungnya di gantungan sambil mengeringkannya. Menggunakan setrika dapat merusak kain dan menyebabkan kerutan pada pakaian wol. Cukup semprotkan deodoran dan keluarkan untuk menjaga aroma tetap menyenangkan dan tahan lama.

6. Agar payet lebih awet dan terjaga keutuhannya, Anda juga tidak perlu menyetrika baju brokat.

brokat melalui hijabtuts.com

Kehadiran perhiasan dan benang tipis pada pakaian brokat menghilangkan kebutuhan untuk menyetrikanya. Untuk penyembuhannya Anda bisa meminumnya menjadi-cuci kering hanya. Jika Anda harus mencucinya di rumah, tutupi dengan kain atau kertas saat menyetrika.

7. Karena tipis, Anda bahkan tidak bisa menyetrika pakaian sifon

sifon luar via nl.pinterest.com

Menggunakan setrika dapat membakar pakaian sifon. Alih-alih menyetrika, Anda bisa menyemprotkan deodoran dan membiarkannya pada suhu kamar.

Tidak hanya pakaian Anda akan bertahan lebih lama, tidak memiliki setrika juga membantu menghemat energi, bukan? Selain tidak menyetrika pakaian, disarankan juga untuk menggunakan deterjen cair khusus bahan-bahan di atas, nah!